1. Saat ini GrabExpress memiliki dua Service layanan pengiriman on-demand yaitu Instant Delivery dan Same Day Delivery.

2. GrabExpress tidak menyediakan layanan pengemasan khusus untuk jasa pengiriman. Penjual bertanggung jawab untuk mengemas produk yang akan dikirim. Untuk produk yang terbuat dari kaca, keramik, serta produk yang cepat rusak (contohnya makanan, es krim, bunga segar, dan lain-lain) disarankan agar dilakukan pengemasan secara khusus. GrabExpress tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau perubahan bentuk yang terjadi atas pengiriman produk-produk tersebut.

3. Pihak seller bertanggung jawab untuk memastikan agar paket yang akan dikirimkan dikemas dalam keadaan yang memadai disesuaikan pada jenis paket tersebut. Hal ini diwajibkan agar memastikan paket dapat dikirim dan ditangani oleh pihak operasional kurir dan dapat dipastikan terkirim dalam keadaan baik.

4. GrabExpress berhak menolak kiriman makanan atau minuman yang tidak dikemas secara tidak layak.

5. Daftar Barang yang tidak dapat dikirim adalah:

● Barang yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, atau oleh pejabat yang berwenang atau barang yang memerlukan lisensi atau izin tertentu dari pejabat yang berwenang untuk dikirimkan.

● Barang berbahaya yang mudah meledak dan terbakar, obat-obatan terlarang, minuman keras, dan/atau barang-barang yang menurut pihak berwajib dilarang diproduksi dan diedarkan;

● Binatang dan tumbuhan hidup, termasuk namun tidak terbatas pada hasil olahan binatang dan tumbuhan yang dilindungi, dan bagian-bagian dari hewan langka yang telah mati/diawetkan;

● Barang ilegal termasuk namun tidak terbatas pada organ manusia, barang curian, peralatan dan/atau perlengkapan judi, senjata api, senjata tajam, dan airsoft gun;

● Uang tunai dan surat atau dokumen berharga lainnya termasuk namun tidak terbatas pada cek, surat warkat pos, kartu pos, buku nikah asli, paspor, ijazah asli, dokumen tender, giro, efek, obligasi, saham, sertifikat, tiket pesawat, B/L, L/C, credit card, dan/atau BPKB asli;

● Barang cetakan, rekaman atau barang lainnya yang bertentangan dengan nilai kesusilaan dan dapat mengganggu stabilitas, keamanan dan ketertiban umum;

● Barang-barang yang dapat membahayakan kurir saat proses pengiriman seperti bahan kimia yang bersifat mudah terbakar atau meledak, menimbulkan iritasi dan beracun pada tubuh manusia, cairan kimia i. korosif, bahan beracun dan barang berbahaya lainnya (Dangerous Goods) atau objek lainnya yang tergolong sebagai bahan berbahaya beracun (B3);

● Barang perhiasan dan/atau barang berharga lainnya termasuk namun tidak terbatas pada emas, perak dan berlian;

● Barang yang dianggap bernilai sejarah tinggi;

● Makanan dan minuman yang mudah rusak, basi, atau basah;

● Jenazah dan/atau abu jenazah;

● Organ tubuh manusia;

● Limbah; dan

● Barang yang dilarang untuk diperjualbelikan berdasarkan Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Selly.id

6. GrabExpress tidak bertanggung jawab dan tidak memberikan penggantian atas hal hal sebagai berikut:

● Bila isi kiriman tidak sesuai dengan keterangan pengakuan isi kiriman;

● Resiko teknis apapun yang terjadi selama pengiriman yang menyebabkan barang yang dikirim tidak berfungsi atau berubah fungsi, baik yang menyangkut mesin atau sejenisnya ataupun barang barang elektronik lainnya seperti TV, radiotape, komputer, handphone, tablet dan barang lain yang sejenis.

● Barang-barang kebutuhan untuk pengobatan/medikal;

● Bila terjadi kesalahan teknis pelayanan pengiriman barang yang mengakibatkan kerugian non material;

● Kebocoran, kerusakan atau pembusukan akibat kemasan/pembungkus (packing) yang kurang baik;

● Kerusakan pada saat proses pengiriman jenis-jenis makanan dibawah ini (kecuali diakibatkan keterlambatan pengiriman oleh layanan instant delivery):

○ Makanan basah atau segar yang mudah basi, layu atau rusak, termasuk namun tidak terbatas pada daging, sayur dan/atau buah;

○ Makanan yang bersifat rapuh, termasuk namun tidak terbatas pada cake dan/atau cookies;

○ Makanan yang rusak namun kemasan luar masih dalam keadaan baik, termasuk namun tidak terbatas pada wafer;

○ Makanan atau minuman yang mudah basi, termasuk namun tidak terbatas pada susu segar, santan; atau

○ Frozen food termasuk namun tidak terbatas cireng, donut, kebab dan/atau chicken nugget.

●Kerugian/kerusakan dari perbuatan yang disengaja (willful act), termasuk penggelapan;

● Kerugian/kerusakan dikarenakan bocor, susut berat/isi dan keausan dari barang yang diasuransikan;

● Kerugian/kerusakan akibat sifat alamiah dari barang itu sendiri, termasuk bunga, tanaman, makanan basah, bunga es, dry ice, dan barang-barang yang memerlukan suhu terjaga;

● Kehilangan kesempatan memperoleh keuntungan akibat dari kerusakan, kehilangan dan keterlambatan penyerahan barang;

● Keterlambatan pengiriman ke kota tujuan dan kehilangan atau kerusakan karena keadaan memaksa (force majeure) yang tidak terbatas pada huru hara, bencana alam, perang, pembajakan, kebakaran radioaktif, perampokan, dan kejadian kejadian sejenis;

●Kerugian/kerusakan yang disebabkan oleh penahanan dan penyitaan atau pemusnahan terhadap suatu jenis barang kiriman yang dilakukan oleh instansi pemerintah yang berwenang seperti Bea Cukai, Karantina, Kejaksaan dan instansi instansi lainnya baik dalam wilayah hukum Indonesia maupun negara tujuan.

●  Denda, kehilangan, kerusakan Kiriman selama berada dalam Penahanan/Penyitaan menjadi tanggung jawab pengirim.

●  Kerugian/kerusakan akibat keterlambatan alat angkut;

●Kerugian/kerusakan yang timbul akibat dari ketidakmampuan keuangan (insolvency) dari pemilik alat angkut atau pengoperasian;

● Kerugian/kerusakan yang timbul akibat senjata atom, nuklir dan radioaktif

● Kerugian/kerusakan akibat tidak layak pakai alat angkut;

● Kerugian/kerusakan akibat oleh perang, perang saudara, pemberontakan, revolusi, pergolakan sipil, dan tindakan permusuhan terhadap penguasa.

● Kerugian/kerusakan yang disebabkan oleh bahan-bahan ranjau yang membahayakan, torpedo, bom atau senjata perang yang berbahaya;

● Kerugian/kerusakan yang disebabkan oleh pemogokan, pemberhentian pekerjaan, atau perbuatan seseorang dalam rangka gangguan pekerjaan, kerusuhan, huru-hara dan pergolakan sipil; dan

●Kerugian/kerusakan yang disebabkan oleh teroris dan tindakan-tindakan yang berlatar belakang politik.

7. Semua tuntutan penggantian atas klaim yang diajukan wajib melampirkan:

a. Surat pernyataan klaim berikut perincian barang yang rusak atau hilang dengan menyebutkan nomor Waybill dari Kiriman tersebut.

b. Fotokopi KTP pengirim (untuk pengiriman atas nama pribadi).

c. Foto barang yang rusak.

8. GrabExpress hanya akan menerima klaim atas kerusakan barang 3×24 jam (hari kerja) melalui Selly setelah barang diterima. Sedangkan untuk barang yang hilang GrabExpress hanya akan menerima klaim 3 (tiga) hari kerja setelah tanggal pengiriman melalui Selly.

9. Pihak seller bertanggung jawab untuk memastikan agar paket yang akan dikirimkan dikemas dalam keadaan yang memadai disesuaikan pada jenis paket tersebut. Hal ini diwajibkan agar memastikan paket dapat dikirim dan ditangani oleh pihak operasional kurir dan dapat dipastikan terkirim dalam keadaan baik.

10. Klaim atas kerusakan makanan hanya dapat dilakukan apabila pengiriman melebihi batas waktu yang ditentukan.

11. GrabExpress berhak menolak kiriman makanan atau minuman yang tidak dikemas secara tidak layak.

 Layanan Instant Delivery

1. Instant Delivery adalah pengiriman instant dengan sistem pengiriman barang dengan estimasi waktu 3 (tiga) jam sampai.

2. Kurir akan melakukan penjemputan barang dengan estimasi waktu maksimal 1 (satu) jam setelah Penjual melakukan Request Pick Up dan barang akan diterima pembeli 3 (tiga) jam setelah penjual menyerahkan barang kepada kurir pengiriman.

3. Ukuran maksimum barang  yang bisa dikirim adalah 50 cm (panjang) x 50 cm (lebar) x 50 cm (tinggi) dan maksimum berat produk 15 kg (lima belas kilogram).

4. Batas waktu Penjual melakukan pemesanan Kurir untuk melakukan penjemputan Barang adalah pukul 08:00 WIB sampai dengan 20:00 WIB. Dalam hal terdapat pemesanan Kurir dari Penjual melewati batas waktu tersebut, maka layanan penjemputan dan pengiriman Barang akan diproses  di hari berikutnya.

5. Pihak seller bertanggung jawab untuk memastikan agar paket yang akan dikirimkan dikemas dalam keadaan yang memadai disesuaikan pada jenis paket tersebut. Hal ini diwajibkan agar memastikan paket dapat dikirim dan ditangani oleh pihak operasional kurir dan dapat dipastikan terkirim dalam keadaan baik.

6. Pengiriman yang tidak diasuransikan hanya mendapatkan penggantian setinggi-tingginya 10 kali biaya kirim sampai dengan Rp10.000.000 atau seharga nominal barang sesuai dengan nilai yang lebih kecil.

7. Untuk Layanan Instant Delivery, area pengiriman barang adalah seluruh area DKI Jakarta, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Depok, Kota Bogor dengan maksimal jarak pengiriman sejauh besar 40 (empat puluh) kilometer. Untuk Layanan Instant Delivery diluar wilayah di atas sebagai berikut:

 Layanan Same Day Delivery

1. Untuk Layanan Same Day Delivery, area pengiriman barang adalah seluruh area DKI Jakarta, Kota dan Kabupaten Tangerang, Kota dan Kabupaten Bekasi, Kota Bandung, Kota Surabaya, Kota Malang, Kota Medan, Kota Semarang, Kota Solo, Kota Yogyakarta, dan Kota Makassar dengan maksimal jarak pengiriman sebesar 40 (empat puluh) kilometer.

2. Batas waktu Penjual melakukan pemesanan Kurir untuk melakukan penjemputan Barang adalah pukul 09:00 WIB sampai dengan 16:00 WIB. Dalam hal terdapat pemesanan Kurir dari Penjual melewati batas waktu tersebut, maka layanan penjemputan dan pengiriman Barang akan diproses  di hari berikutnya.

3. Ukuran maksimum barang yang bisa dikirim adalah 45 cm (panjang) x 45 cm (lebar) x 20 cm (tinggi) dan maksimum berat produk 7 kg.

4. Pada layanan Same Day Delivery, batas waktu driver akan datang untuk mengambil barang setelah request Pick Up adalah maksimal 3 jam, dan barang akan diterima pembeli 8 jam setelah penjual menyerahkan barang kepada kurir pengiriman.

5. Pengiriman yang tidak diasuransikan hanya mendapatkan penggantian setinggi-tingginya 10 kali biaya kirim sampai dengan Rp1.000.000 atau seharga nominal barang sesuai dengan nilai yang lebih kecil.